Laman

Rabu, 29 April 2015

Tips Mencari Makeup Artist

Pernah gak sih ribet cari-cari salon yang buka dan available subuh-subuh untuk acara wisuda atau nikahan kamu? Setelah dapet salon yang bisa, eh hariH males rasanya pergi subuh-subuh untuk dandan terus balik lagi ke rumah untuk ganti baju baru pergi ke tempat acara. Ribet!

Well.. Sekarang kamu gak perlu pusing lagi cari-cari salon supaya gak usah keluar rumah / saat ada acara di luar kota, karena sudah banyak makeup artist yang bersedia dateng ke tempat kita. Kamu tinggal mandi terus duduk manis deh. Kemudian bingung cari MUA nya gimana haha..

Nah postingan kali ini Looxperiments mau kasih tips-tips nya supaya kamu gak bingung lagi cari MUA saat ada acara wisuda atau nikahan

1. Survey MUA
Hari gini gampang banget nemuin apa aja di internet termasuk MUA yang ada di kota kamu. Aku kasih contoh beberapa dengan keyword nya dan jangan lupa masukin nama kota kamu ya.
  • Google: MUA bandung / makeup artist wisuda bandung / makeup wedding bandung
  • Instagram: #wisudabandung / #weddingjakarta / #bridalSurabaya / #makeupartistBali
  • Koran iklan gratisan. Kalau di Bandung sih ada Bandung Infomedia

2. Tentukan style makeup yang kamu inginkan 
Setelah kalian survey beberapa MUA pasti bakal keliatan deh kalau MUA itu style nya beragam. Ada yang soft, korean style, bold, cara mereka koreksi mata, bahkan sampai bentuk alis pun beda-beda. Nah sekarang tergantung kamu deh di hari-H ingin tampil seperti apa atau lebih ke self preference kamu style nya seperti apa. Setelah itu bisa deh nentuin MUA mana yang lebih cocok dengan kamu.

3. Cek portofolio
Penting banget untuk cek portofolio calon MUA kamu. Tapi lebih penting lagi untuk meminta mereka mengirimkan hasil makeup yang asli hari-H (lebih bagus lagi kalau ada foto before-after nya) dan bukan hasil editan photoshop. Jadi kalian bisa melihat hasil nya di client sungguhan apakah memang benar bagus / tidak. Atau bisa juga cek testimoni clients / teman-teman yang pernah pakai jasa mereka kalau misalkan ada.

Beberapa kali saya pernah ketemu client yang cerita dia kecewa dengan MUA lain karena hasil makeup real life nya berbeda dengan hasil portofolio nya. Dan setelah saya tanya benar saja kalau MUA tersebut cuma ngasih hasil porto dengan banyak editan photoshop.



4. Cek harga dan Brand makeup yang dipakai
Setiap MUA pasti punya range harga masing-masing dan sebaiknya kamu cek lebih dari satu MUA untuk membandingkan harga yang masuk ke budget kamu. Setelah itu coba tanya brand apa saja yang dipakai, apakah brand lokal atau luar.

Sering banget client nanya kenapa sih jasa MUA itu kok mahal? Well.. Mahal itu relatif ya tapi saya ada beberapa jawaban untuk pertanyaan ini:
  • MUA sebagian besar datang ke tempat kamu (hotel / kost / rumah). Dan menuju rumah kamu pasti pakai ongkos dong entah untuk motor / mobil / taksi. 
  • Alat-alat yang MUA pakai mulai dari kuas, foundation, bedak, eyeshadow, dll tidaklah murah apalagi kalau mereka pakai merk luar yang tidak tersedia di Indonesia. 
  • Beberapa MUA yang menerima client hanya 1 orang psati punya harga khusus karena biasanya ongkos terasa lebih mahal apalagi kalau tempat acaranya jauh.
  • Jam terbang MUA juga termasuk salah satu penentu harga. 
5. Pastikan tanggal acara dan booking dari jauh-jauh hari
Penting banget untuk ngebooking MUA pilihan kamu dari jauh-jauh hari apalagi kalau acara kamu jatuh di bulan paling ramai nikahan (biasanya mulai dari Agustus - Desember). MUA untuk nikahan biasanya sudah dibooking 6bulan - 8bulan sebelum acara, jadi kalau misalnya acara wisuda/pesta kamu jatuh di weekend dan bulan tersebut, ada baiknya langsung booking dari jauh hari biar aman.

Tips: Jangan lupa DP ya soalnya beberapa makeup artist (termasuk saya) baru mencatat jadwal kerjaan saat DP sudah diterima. Kalau DP belum diterima dan kamu gak double check takutnya MUA incaran kamu malah nerima kerjaan lain.  

6. Tentukan jam mulai makeup
Lama pengerjaan makeup dan hairdo / hijab setiap MUA itu berbeda-beda mulai dari 30 menit bahkan ada yang sampai 1.5jam untuk satu orang. Sebelum mulai menentukan jam makeup sebaiknya beritahu dulu jam berapa kamu harus mulai jalan ke tempat acara dan nanti MUA akan menghitung jam yang diperlukan.

Tips: Jangan karena malas bangun subuh jadi kamu meminta MUA untuk datang mepet ke jam acara dan pada akhirnya kamu jadi ngeburu-buru MUA untuk selesai dengan cepat. Banyak ruginya loh misallnya saja hasil makeup jadi tidak maksimal. Sayang kan sudah bayar mahal-mahal tapi kamu tidak puas dengan hasilnya. Lebih baik minta MUA nya untuk datang lebih awal sehingga makeup bisa beres lebih cepat dan kamu ada waktu untuk beres-beres sebelum pergi.

7. Test Makeup
Nah kalo point terakhir ini tambahan khusus untuk kamu yang lagi persiapan wedding. Menurut aku pribadi sih hanya mengandalkan survey online saat mencari MUA untuk hari pernikahan tidak cukup. Tidak ada salahnya kamu coba test makeup ke beberapa MUA incaran kamu. Pasti ada biaya tambahan tapi demi kepuasan di hari-H menurut aku gak masalah :)

Pengalaman pribadi juga karena sempat bingung antara 2 makeup artist, akhirnya saya coba test makeup dan baru keliatan deh MUA mana yang lebih bikin aku kelihatan pangling.

Persis seperti point no 4 nih, banyak banget yang bingung kenapa harga jasa makeup untuk nikahan kok mahal banget? Mulai dari harga jutaan, belasan juta, bahkan ada yang sampai puluhan juta loh.. Beberapa point sama seperti di atas tapi ada beberapa tambahan:
  • Pengerjaannya lebih bahkan sangat detail. Mulai dari koreksi bentuk mata sampai muka. Menyeimbangkan bentuk kelopak mata tidaklah mudah apalagi jenis monolid (tidak ada lipatan mata).
  • Makeup untuk nikahan dipastikan harus tahan lama apalagi kalau jenis kulit kamu berminyak. Biasanya makeup kan dimulai dari subuh tuh untuk akad atau pemberkatan pagi hari, terus lanjut resepsi siang atau malam hari. Memang ada retouch tapi kalau makeupnya gak OK, setelah retouch bukan makin bagus tapi yang ada malah keliatan kayak dempul. Makeup untuk nikahan harus dipastikan tetap flawless dari awal sampai akhir acara. Dan tentu saja dibutuhkan alat maupun tekhnik khusus.
  • Bukan hanya makeup saja yang harus diperhatikan tapi hair do maupun hijab juga pasti lebih detail daripada sanggul/hijab untuk acara biasa. Beberapa MUA ada yang menggunakan jasa orang lain untuk pengerjaan hairdo / hijab dan jujur saja ya jasa hairstylist untuk nikahan juga gak murah loh. 
Tips: Setiap tahun pasti ada beberapa kali pameran wedding. Coba untuk buat janjian test makeup di pameran karena biasanya akan ada harga khusus atau bahkan free test makeup. Untuk harga paket juga biasanya beberapa vendor ada diskon khusus selama pameran.

Semoga membantu ya, Loxettes :)

1 komentar:

  1. makasih banyak tipsnya, jadi lebih mudah nih kalau mau nyari make up artist.. :)

    BalasHapus